Info Wisata Pantai Tanjung Lesung Banten

Paket Wisata Pulau | Tanjung Lesung | Bali | Sewa SpeedBoat
  • Tanjung Lesung Resort Banten
    Tanjung Lesung Resort Banten
  • Tanjung Lesung Resort Banten
    Tanjung Lesung Resort Banten
  • Tanjung Lesung Resort Banten
    Tanjung Lesung Resort Banten
  • Tanjung Lesung Resort Banten
    Tanjung Lesung Resort Banten
  • Tanjung Lesung Resort Banten
    Tanjung Lesung Resort Banten
  • Tanjung Lesung Resort Banten
    Tanjung Lesung Resort Banten

Info Wisata Pantai Tanjung Lesung Banten

Sekilas Tentang Pantai Tanjung Lesung Banten

Pantai Tanjung Lesung Banten adalah pantai yang indah yang berada diujung Pulau Jawa, Pantai Tanjung Lesung Banten ini tidak kalah indah dibandingkan dengan pantai lainnya. Keindahan pantai yang berada diujung barat Pulau Jawa ini terletak di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, tepatnya berada disebelah barat Kabupaten Pandeglang dan memiliki luas 150 hektar.

Untuk menuju Pantai Tanjung Lesung Banten, wisatawan akan melintasi Jakarta – Merak, keluar di pintu gerbang Cilegon, dilanjutkan melalui pesisir Anyer – Carita, Labuan, dan berakhir di Tanjung Lesung. Dari Jakarta sekitar 2,5 – 3 jam perjalanan.

Baca juga: Paket Wisata Pantai Tanjung Lesung (Group Package)

Dinamakan Tanjung Lesung karena lokasinya berupa daratan yang menjorok ke laut mirip ujung lesung, yaitu salah satu alat yang digunakan masyarakat tradisional Nusantara untuk menumbuk padi. Pantai-pantai di Tanjung Lesung Umumnya adalah pantai pasir dengan air lautnya yang biru. Pantai yang memiliki luas 1.500 hektar ini merupakan salah satu objek wisata pantai yang wajib dikunjungi selain pantai lain yang terkenal di Banten.

Panorama pantai yang dibuka secara resmi pada tahun 1998 ini masih alami dengan pasir putih yang bersih dan karang – karang yang unik. Air lautnya jernih dengan ombak yang tenang. Di bagian utara dari tanjung ini merupakan daerah perbukitan hijau yang tidak begitu curam. Disini terdapat bagian air laut yang menjorok ke pantai dan membentuk sebuah laguna yaitu seperti danau dengan luas 12 hektar dan kedalaman sampai 5 meter. Tanjung Lesung resmi di buka pada pertengahan Januari 1998 dan dapat dicapai dengan dua rute dari Jakarta.

Kini Pantai Tanjung Lesung Banten dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Provinsi Banten. Dari Tanjung Lesung ini kita bisa ke Pulau Peucang, Pulau Umang, Taman Nasional Ujung Kulon, dan Gunung Krakatau. Keindahan alam ini amat sesuai dengan aktivitas yang ditawarkan, antara lain menyelam, snorkeling, memancing, banana boat, jetski, atau hanya sekadar membuat istana pasir. Karena pantai ini tidak langsung berhadapan dengan samudera, desir angin dan ombaknya pun cukup bersahabat. Kedatangan matahari yang terbenam menambah pesona tempat ini, dengan hamparan pasir putihnya sejauh 15 kilometer.

Fasilitas lain yang tersedia di tempat ini antara lain money changer, lifeguard, information center, area parkir, area bermain anak dan lainnya. Untuk menginap terdapat berbagai variasi dan tipe mulai hotel, villa, resort, sampai homestay dengan harga yang bersaing. Untuk Wisata ke Tanjung Lesung Selain sebaiknya hindari datang saat musim hujan. Saat itu, ombak laut sedang tinggi, berbahaya jika ingin berkeliling dengan kapal dari sana.

Baca Juga: Paket Wisata Tanjung Lesung (Personal Package)

Ada banyak tempat-tempat menarik untuk dikunjungi di tanjung lesung. Apa aja sih tempat-tempat menarik untuk di kunjungi ketika ke tanjung lesung.

1. Kawasan Tanjung Lesung Resort

Di kawasan inilah kita bisa menikmati berbagai macam permainan air seperti jet ski, banana boat, open water diving, glass bottom boat, sea kayaking, pedal boat, dan snorkeling seperti sudah di publish sebelumnya. Kawasan Pantai Tanjung Lesung juga terlihat lebih terawat sebagai tempat wisata berkelas dan tentu saja memiliki pantai pasir putih yang bersih, air laut yang jernih dengan pesona bawah laut yang masih asri, serta dukungan lingkungan sekitar yang memadai.

2. Pantai Bodur

Pantai bodur di Tanjung Lesung memiliki pantai pasir putihnya yang lembut dan air laut berwarna kehijauan berpadu dengan biru tua . Di pantai ini juga bisa digunakan untuk berenang, Dasar pasir yang sangat lembut dan kedalaman air yang cukup dalam membuat aktifitas berenang saya jauh lebih nyaman. Di pantai Bodur ini juga dapat menikmati indahnya matahari perlahan menghilang di bawah garis langit dan meninggalkan semburat-semburat jingga di langit (sunset).

3. Kampung Wisata Cipanon Tanjung Lesung

Banten Kampung wisata Cipanon di tanjung lesung ini memiliki keindahan dan keanekaragaman hayati bawah lautnya. Keberadaan jenis tumbuhan laut selain menghadirkan keindahan panorama bawah laut yang menjadi tempat wisata, juga bermanfaat bagi keseimbangan alam dan menunjang kehidupan bagi kaum nelayan Cipanon. Menyadari akan manfaat dan keindahan biota dan lingkungan di laut Cipanon, masyarakat di Kampung Wisata Cipanon kemudian Kelompok Swadaya Masyarakat Wahana Anak Pantai (KSM WAP) pada 2005 sebagai upaya untuk melestarikannya. Salah satu kegiatannya adalah menanam kembali terumbu karang pada lahan-lahan yang sudah rusak utamanya di Pulau Liwungan.

Baca juga: Paket Honeymoon Tanjung Lesung

4. Pulau liwungan Tanjung Lesung Banten

Pulau liwungan ini memiliki luas ± 50 hektare dengan kondisi pantai karang dan berbatu, memiliki sedikit hutan mangrove, memiliki biota air padang lamun dan terumbu karang. Di sisi timur, pantai melandai dan pohon-pohon tumbuh rendah. Tampak deretan batu yang berjejer rapi seperti buatan tangan. di pulau Liwwingan ini tidak terdapat penduduk yang menetap serta tidak adanya sarana dan prasarana umum yang dibangun di pulau itu. Nah, Indah bukan?. Keindahan dan keistimewaan

yang disajikan untuk para wisatawan yang berkunjung, membuat pantai ini menjadi Kawasan pantai yang sangat cocok bagi pasangan yang ingin menikmati bulan madu. Suasananya yang tenang di balut dengan panorama alam yang indah dan romantis. Berjalan di atas pasir putih di tepi pantai sambil bergandengan tangan pada sore hari menjelang sunset, menjadikan kenangan yang berkesan dan tak terlupakan. Tiket masuk ke lokasi pantai sebesar Rp 15.000/orang. Parkir mobil Rp 8.000, parkir motor Rp 4.000.

Apabila wisatawan tidak mau repot, wisatawan dapat menghubungi Contact Person kami.

 

Dokumentasi Pantai Tanjung Lesung Banten

Sumber Artikel

Demikian penjelasan kami tentang Info Wisata Pantai Tanjung Lesung Banten.

 

Share this article
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Paket Wisata Pulau | Tanjung Lesung | Bali | Sewa SpeedBoat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>